mesin-antrian-bank

Cara kerja mesin antrian bank BNI, BRI, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank Panin, Bank BWS, Bank Commonwealth, Bank BJB, Bank Jatim, Bank Bengkulu, Bank Kalsel, Bank Kaltim, Bank Jateng, secara umum memiliki kesamaan dalam prinsip cara kerja mesin antrian. Mesin antrian bank memiliki dua jenis layanan yaitu pertama, Customer Service, yang kedua: Teller. Customer Service berfungsi sebagai frontliner untuk informasi pelanggan dan pembukaan rekening baru, sedangkan Teller berfungsi sebagai penerima  setoran dan pengambilan setoran nasabah. Mesin antrian bank akan mengeluarkan tiket nomor antrian sesuai layanan yang dituju oleh nasabah. Mesin pencetak tiket nomor antrian ini sering disebut kiosk mesin antrian atau ticketing mesin antrian. Tiket nomor antrian berisi informasi tentang : nomor antrian, nama perusahaan, nama layanan, jam dan tanggal, sisa antrian dan teks untuk pesan kepada nasabah. Cara kerja mesin antrian bank mempunyai disiplin First Come First Serve (FCFS), jadi nasabah yang pertama datang, nasabah tersebut yang pertama dilayani sebagaimana seterusnya sesuai urutan kedatangan nasabah. Untuk nasabah lansia dan ibu hamil dapat diberikan kebijakan khusus untuk diprioritaskan dalam mendapatkan pelayanan nasabah bank karena suatu kondisi khusus, karena di bank-bank besar yang menjadi nasabah prioritas adalah yang mempunyai dana simpanan yang tinggi.

cara-kerja-mesin-antrian-bank

Cara Kerja Mesin Antrian Bank

 

Cara kerja mesin antrian di Bank tampak di gambar diatas yang mengilustrasikan cara kerja mesin antrian signage di bank. Pertama, nasabah mengambil tiket nomor antrian di kiosk mesin antrian yang telah disediakan, pilih jenis layanan customer service atau teller, setelah itu akan keluar tiket nomor antriannya. Kedua, nasabah duduk menunggu di ruang tunggu yang disediakan bank, biasanya di ruang tunggu disediakan koran, majalah, atau brosur-brosur untuk bahan bacaan untuk nasabah ketika menunggu agar tidak membosankan. Ketiga, ketika sudah pada giliran nomor antrian akan dipanggil, petugas teller atau customer service akan menekan tombol panggil antrian namanya button keypad queuing system, maka secara otomatis nomor antrian yang dipanggil tadi akan ditampilkaan di display loket dan LED TV digital signage dengan diiringi suara panggilan melalui pengeras suara ” nomor antrian A005 dipersilahkan menuju ke customer service 1“. Keempat, nasabah bergegas menuju counter customer service 1 untuk mendapatkan pelayanan dari customer service. Waktu menunggu dan waktu pelayanan akan direkam dalam database sistem antrian dalam bentuk web report yang dapat diakses di localhost. Web report ini sebagai bahan laporan aktivitas nasabah dan counter untuk mengukur performansi kinerja pelayanan frontline dan bahan evaluasi untuk tingkat kepuasan pelayanan perbankan.

Cara kerja mesin antrian bank memiliki tampilan utama dengan menggunakan LED TV 32 / 42 inch yang berfungsi sebagai digital signage pusat informasi interaftif.  Adapun digital signage bank tampak digambar berikut :

cara-kerja-mesin-antrian-bank

Cara kerja mesin antrian bank

  1. Desain template mesin antrian signage disesuaikan brand image perusahaan
  2. Menampilkan papan suku bunga atau papan kurs
  3. Menampilkan video / tv digital
  4. Menampilkan gambar, iklan, flash, slideshow
  5. Menampilkan informasi kalender dan jam
  6. Menampilkan news ticker atau tulisan berjalan

Ilustrasi cara kerja mesin antrian signage bank ini dapat memberikan gambarkan bagian pengadaan mesin antrian di bank sebelum memutuskan untuk membeli produk mesin antrian berkualitas dan bermutu SNI. Konsultasikan kebutuhan mesin antrian bank Anda kepada Cendana2000, kami akan membantu dengan solusi sistem mesin antrian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran pengadaan mesin antrian di perusahaan Anda. Cendana2000Making Solutions

Konsultasi Pemesanan

avatar